Senin, 28 November 2011

Produktivitas SDM


Faktor-faktor dalam Menunjang Produktivitas
Menurut Sinungan (1982: 36), faktor-faktor dalam menunjang produktivitas adalah:
1)      Manusia
a)      Kuantitas
Jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas. Perusahaan menginginkan bahwa target produksi yang dirancang ingin tercapai dengan baik untuk mencapai target produksi karyawan harus bekerja sebaik mungkin sesuai dengan petunjuk dan peraturan yang telah diberikan. Salah satu misal adalah karyawan yang tidak masuk kerja dalam suatu perusahaan otomatis tenaga kerja berkurang.
Dengan berkurangnya tenaga kerja maka jumlah produksi yang dihasilkan juga akan berkurang, sehingga dengan berkurangnya atau menurunnya hasil produksi berarti nantinya akan berpengaruh terhadap produtivitas.
b)      Tingkat Keahlian
Apabila karyawan bekerja tidak sesuai dengan bidang keahliannya, tentu kemungkinan besar bila mereka bekerja akan merasa cepat bosan, jenuh atau bahkan merasa kesulitan. Dengan keadaan seperti itu tentu lambat laun hasil produksinya akan dapat menurun, satu missal yaitu karyawan yang bekerja pada bagian pencampuran tembakau dipindahkan kebagian penglintingan rorkok akan menimbulkan masalah baru bagi karyawan tersebut, sehingga mereka bekerjanya akan menjadi lebih lambat bahkan akan terjadi kekeliruan.
c)      Pendidikan
Pendidikan membentuk dan menambah seseorang untuk mengerjakan sesuatu akan lebih baik. Hal ini dapat dimengerti bahwa dengan pendidikan tentunya ilmu dan wawasan yang mereka peroleh akan bertambah.
d)     Minat
Minat untuk bekerja sangat dipengaruhi seseorang dalam bekerja. Apabila seseorang betul-betul berminat dalam bekerja dan sebaliknya bila seseorang tidak berminat dalam bekerja maka pekerjaan yang dilaksanakan tersebut kurang memuaskan.

e)      Umur
Apabila seseorang umurnya sudah tua tentu dalam bekerjannya akan lamban, hal ini disebabkan karena dengan umur yang sudah tua keadaan fisik akan berkurang.
f)       Jenis Kelamin
 Jenis kelamin mempunyai pengaruh terhadap produktivitas. Misalnya seorang wanita dimana dalam sebulan sekali tentu mempunyai sakit bulanan, lain halnya dengan pria mereka dapat bekerja penuh dalam sebulan.
2)      Modal
a)      Modal Tetap
Sebagai contoh adalah mesin, apabila mesin mengalami kerusakan tentu dalam proses produksi akan terganggu. Dengan terganggunya proses produksi maka produksi yang dihasilkan akan menurun.
b)      Bahan Baku
Dalam pengiriman bahan baku yang lambat akan mengganggu aktivitas proses produksi, dengan kedaan yang seperti itu target produksi tidak akan tercapai karena hasil produksinya menurun.
 
   Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas
            Menurut Anoraga dan Suyati (1995: 71-73) ada banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas, antara lain:
1)           Pendidikan
Pada umumnya seseorang yang mempunyai pendidikan yang lebih tinggi akan mempunyai produktivitas kerja yang lebih baik. Karena dengan bekal pendidikan, maka orang akan lebih mudah dalam mempelajari hal-hal yang bersifat baru dalam suatu sistem kerja.
2)           Motivasi
Pimpinan harus perlu mengetahui dan memahami motivasi kerja dari setiap karyawan. Dengan mengetahui motivasi itu maka pimpinan dapat membimbing dan mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik.
3)           Disiplin Kerja
Disiplin kerja adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang senan tiasa berkehendak untuk mengikuti atau mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan. Kedisiplinan dapat dibina melalui latihan-latihan antara lain dengan bekerja menghargai waktu dan biaya yang akan memberikan pengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan.

4)           Keterampilan
Keterampilan banyak pengaruhnya terhadap produktivitas kerja karyawan. Keterampilan karyawan dalam perusahaan dapat ditingkatkan dengan kursus-kursus, latihan dan lain-lain.
5)           Sikap Etika Kerja
Sikap seseorang atau sekelompok orang dalam membina hubungan yang serasi, selaras dan seimbang di dalam kelompok itu sendiri maupun dengan kelompok yang lain sehingga tercipta hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara perilaku dalam proses produksi akan meningkatkan produktivitas kerja.
6)           Gizi dan Kesehatan
Daya tahan tubuh seseorang biasanya dipengaruhi oleh gizi dan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Gizi yang baik akan mempengaruhi kesehatan karyawan, dan semua ini akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja.
7)           Tingkat Penghasilan
   Dengan penghasilan yang cukup, akan memberikan semangat kerja karyawan bagi setiap karyawan untuk memacu prestasi sehingga produktivitas kerja karyawan akan tercapai.


8)           Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja disini termasuk hubungan antar karyawan, hubungan dengan pimpinan, suhu serta lingkunagn kerja.
9)           Teknologi
Dengan adanya kemajuan teknologi meliputi peralatan yang semakin otomatis dan canggih, yang bisa mendukung tingkat produksi dan mempermudah manusia dalam melaksanakan kerjanya.
10)       Sarana Produksi
Faktor-faktor produksi harus memadai dan saling      mendukung dalam proses produksi.
11)       Jaminan Sosial
Perhatian dan pelayanan perusahaan kepada setiap karyawan, menunjang kesehatan dan keselamatan. Dengan harapan agar karyawan semakin bergairah dan mempunyai semangat untuk bekerja.
12)       Manajemen
        Dengan adanya manajemen yang baik, maka karyawan akan terorganisasi dengan baik pula. Sehingga produktivitas kerja karyawan tercapai.
13)       Kesempatan Berprestasi 
     Setiap orang dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, dengan diberikan kesempatan berprestasi, maka karyawan akan meningkatkan produtivitas kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar